Program jangka panjang sudah disusun jajaran pelatih Borneo FC, jelang berlaga di kompetisi Liga 1 yang akan digulirkan Juli mendatang. Usai tersingkir di gelaran Piala Menpora, tim pelatih langsung menyusun agenda latihan di awal Ramadan, di saat tim-tim lain justru banyak yang melliburkan pemainnya di pekan pertama puasa. Dan program lain yang sudah disusun adalah, menjalankan pemusatan latihan (TC), setelah pemain libur Lebaran nanti.

Hal ini disampaikan manajer tim Pesut Etam, Farid Abubakar. Menurut Farid, tim pelatih memang sudah merancang beberapa program latihan sebelum berlaga di Liga 1. Dan salah satunya adalah melaksanakan TC di luar Samarinda.

“Rencananya kami akan melakukan TC saat kembali memulai latihan setelah libur Lebaran nanti. Itu sudah menjadi program pelatih dan apa yang mereka inginkan, Insya Allah akan kami turuti demi prestasi tim,” ujar Farid.

Dikatakan Farid, alasan yang disampaikan tim pelatih sangat wajar. Sebab selain mengusir rasa bosan latihan di Samarinda, tim pelatih dan pemain juga membutuhkan lawan uji coba di sela-sela latihan rutin. Uji coba dibutuhkan untuk melihat sampai sejauh mana progres pemain melahap menu latihan yang diberikan.

"Alasan utama pelatih adalah mencari calon lawan untuk uji coba. Kita semua tahu di Samarinda atau Kaltim tidak banyak pilihan. Makanya pelatih memilih untuk TC di luar," terangnya.

Saat ditanyakan daerah mana yang akan dijadikan tempat pemusatan latihan, Farid mengaku belum bisa memstikannya. "Dimana tempatnya kami masih dalam tahap pemilihan, yang pasti di Pulau Jawa. Nah Jawa-nya dimana, itu yang masih kami cari tempat tepatnya,” kata Farid. (SU)