Sosok pelatih Mario Gomez memang kerap membuat kejutan dalam menyusun skema permainan timnya. Bahkan ia berani menurunkan beberapa pemain muda, agar mendapat jam terbang di pertandingan. Hal itu sudah dilakukannya musim lalu, di mana beberapa pemain muda berhasil ia orbitkan dalam tim. Di musim ini, kemungkinan menurunkan pemain muda bisa saja kembali dilakukan pelatih asal Argentina tersebut.

Namun langkah awal yang dilakukan Gomez adalah, mengubah posisi pemain. Ya, Kevin Gomez yang selama ini dikenal sebagai bek kiri, dalihkan Gomez menjadi seorang gelandang bertahan. Peran tersebut diberikan Gomez pada saat sesi latihan, serta uji coba perdana tim saat menghadapi Persiba Balikpapan, Sabtu sore lalu. Hasilnya memang tak mengecewakan. Sebab Kevin bermain sangat apik mengawal barisan tengah bersama Wahyudi Hamisi serta Sultan Samma.

Kevin mengakui kalau menjadi gelandang bertahan adalah posisi baru bagi dirinya. Namun ia akan terus belajar agar bisa lebih baik bermain di posisi barunya tersebut.

“Masih saya pelajari terus. Coach Mario juga selalu memberikan motivasi dan dia yakin saya bisa di situ. Saya akan lakukan yang terbaik di posisi tersebut,” ujar Kevin.

Kevin mengatakan ada perbedaan saat bermain sebagai bek kiri dan gelandang bertahan, terutama soal pandangan di lapangan.

“Kalau bermain di pinggir, saya bisa lihat satu lapangan. Kalau main di tengah, harus putar balik badan dan itu masih harus saya pelajari lagi," ujarnya.

Namun Kevin menegaskan tugas sebagai bek kiri dan gelandang bertahan sama sulitnya. Tinggal bagaimana mengatasi situasi di lapangan saat bermain.

“Seperti saya bilang tadi, semuanya tak ada yang mudah. Makanya saya terus belajar menjadi gelandang bertahan. Menyaksikan pemain Eropa bermain di posisi tersebut menjadi salah satu referensi saya. Saya bisa melihat Fabinho di Liverpool atau Andres Iniesta waktu masih di Barcelona. Pokoknya saya pelajari bagaimana menjadi gelandang yang baik,” tegasnya.

Meski baru mendapat kesempatan di latihan dan sekali uji coba, Kevin menegaskan siap bermain di posisi baru saat lanjutan Liga 1 dilanjutkan.

“Saya siap membantu di posisi apa aja kalau dia (Coach Gomez) memberi kepercayaan Saya di Borneo FC untuk membantu tim. Jadi pasti 100 persen siap dimainkan di mana saja,” terangnya.

Sementara itu Ahmad Amiruddin, asisten pelatih Borneo FC Samarinda mengatakan, dimainkanya Kevin di gelandang sebagai langkah antisipasi. Sebab saat kompetisi dilanjutkan dengan jadwal padat, maka semua pemain harus bisa bermain di dua atau tiga posisi.

“Pastinya Kevin akan menambah opsi di lini tengah saat kompetisi nanti,” kata Amir. (SU)