Dalam hitungan hari, Liga 1 2020 akan kembali bergulir. Persiapan pun tengah digenjot oleh Borneo FC Samarinda untuk kembali berkompetisi di kasta tertinggi sepakbola Indonesia ini. Berbagai lini terus diasah kemampuannya agar kembali ke performa terbaiknya, termasuk lini penjaga gawang.

Sang pelatih kiper, Carlos Salomao, menyatakan kesiapan keempat penjaga gawangnya untuk menghadapi sengitnya antara pertandingan satu ke pertandingan lainnya.

"Saat ini, semua kiper sudah beradaptasi penuh dengan latihan harian. Kami berlatih teknikal dan taktikal dengan tim. Karena Coach Mario Gomez suka dengan kiper yang mempunyai kualitas yang bagus," ucapnya.

Setelah masa adaptasi telah dilewati, Salomao menerapkan program latihan yang meningkatkan performa fisik Gianluca Pandeynuwu, Mochammad Diky Indriyana, Muhammad Zulfikri dan Pualam Bahari. Bahkan, para penjaga gawang ini berlatih lebih awal dari pemain lainnya untuk bisa menjalankan program latihan lebih optimal.

"Dengan begitu, kami mempunyai banyak waktu untuk berbenah dan berkembang. Agar pada saat pertandingan dimulai, para kiper ini berada di level yang tinggi, baik secara teknik dan taktik secara spesifik dan juga terutama psikologisnya," terang pelatih asal Brazil ini.

Kedatangan Pualam Bahari sebagai rekrutan teranyar Borneo FC Samarinda juga disambut hangat oleh Salomao. Kecepatan Pualam untuk beradaptasi dengan penjaga gawang lainnya juga dipuji olehnya. Salomao menilai jika Pualam terus meningkatkan kemampuannya, tak dipungkiri jika suatu saat Pualam bisa menjadi salah satu kiper yang diperhitungkan di sepakbola Indonesia.

"Pualam menurut saya mempunyai tekad yang bagus dan sangat fokus di setiap latihan setiap harinya. Dia mempunyai bakat yang bisa berkembang jika terus diasah lewat latihan. Para kiper yang lain juga membantu dia untuk beradaptasi di tim dengan memberinya motivasi dan fokus dalam bekerja. Saya rasa dia bisa menjadi kiper dengan masa depan yang bagus," ujar Salomao.
(AM)