Regulasi baru Liga 1 2020 terkait penyertaan pemain U-20 dalam setiap laga di kompetisi nanti disambut positif banyak pihak. Meski demikian, kapten Borneo FC Samarinda, Diego Michiels, mengingatkan para juniornya di tim agar tak gampang jemawa. Menurut Diego, regulasi tersebut amat bagus, tapi juga bisa menjadi bumerang jika tak dimanfaatkan dengan baik

"Saya setuju dan tidak ada masalah regulasi pemain muda. Tapi pemain muda jangan cepat puas jika diberi kesempatan bermain," kata Diego.

Pernah merasakan kerasnya persaingan di usia muda, membuat Diego mewanti-wanti para pemain muda ini untuk tak cepat puas. Justru, mereka harus bisa menunjukkan kualitasnya agar bisa terus mendapatkan kesempatan untuk bisa bermain.

"Saya harap yang diberi kesempatan bermain memang punya kualitas. Pemain muda harus malu kalau diberi kesempatan hanya karena regulasi. Tidak bagus untuk karier yang panjang," jelasnya.

Pemain kelahiran Deventer ini pun juga berpesan kepada mereka untuk tak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan terus bekerja keras. Sebab, jika mereka terus mengasah kemampuannya, maka hal ini tak hanya berdampak bagi mereka saja, tetapi juga bagi tim untuk bisa tampil lebih baik di lapangan.

"Semua perlu proses dan perjuangan. Jangan sampai keuntungan yang ada justru tidak dimanfaatkan dengan baik. Mereka pemain muda harus sadar. Kesempatan bermain itu untuk melihat sejauh mana kemampuan yang dimiliki. Banyak anak muda yang diberi kesempatan justru tampil biasa saja. Semua harus maksimal saat latihan dan di pertandingan," pungkasnya.
(KP)