Persiapan Borneo FC Samarinda jelang menghadapi Persija Jakarta di laga perdana Liga 1 2020 sudah semakin matang. Keyakinan merebut angka pun sudah diapungkan saat ini. Keyakinan lahir dari pemain yang menyatakan siap memberikan kemampuan terbaiknya di laga 1 Maret mendatang tersebut.

Salah satu dasar keyakinan adalah, kekuatan tim yang dipastikan komplit menghadapi pertandingan tersebut. Sampai kemarin, hanya bek kiri Abdul Rachman masih menjalani rekondisi setelah pulih dari cedera.

Hal tersebut disampaikan asisten pelatih Ahmad Amiruddin. Menurut Amir, beberapa pemain yang sempat mengalami masalah dengan cedera serta kesehatannya, dipastikan pulih dan siap diturunkan di pertandingan nanti.

“Alhamdulillah kondisi pemain saat ini semuanya bagus. Mereka yang cedera sudah pulih dan sudah menjalani latihan secara maksimal. Sebenarnya Abdul Rachman pun sudah pulih, namun ia masih menjalani rekondisi usai cedera,” ujar mantan striker Mitra Kukar ini.

Rachman sejak dua pekan terakhir memang sudah menjalani latihan dengan pemain lainnya. Namun ia bisa dikatakan terlambat bergabung dengan tim, karena baru saja pulih dari cedera. Dan Rachman pun absen dalam latihan bersama tim selama dua hari, karena mengikuti acara di Jakarta berkenaan dengan akan digulirkannya Liga 1 musim ini.

Sebelumnya, selain Rachman pemain seperti Sultan Samma serta Immanuel Wanggai sempat menepi dari latihan akibat cedera. “Sekarang Sultan dan Manu sudah tak ada masalah lagi. Bahkan Sultan bisa saya katakan sangat fit. Itu dibuktikannya di laga uji coba dengan selalu mencetak gol,” tambah Amir.

Soal siapa pemain yang dibawa ke Jakarta dan akan menjadi starter, Amir mengaku tak mengetahuinya secara persis. Sebab keputusan masalah ini sepenuhnya ada di tangan Edson Tavares sebagai pelatih kepala.

“Pelatih kepala yang akan menentukan siapa diberangkatkan ke Jakarta. Nanti di sana, keputusan siapa akan dimainkan juga ada di tangan pelatih kepala,” bebernya.

Meski pun Rachman dipastikan tak bermain lawan Persija, Amir mengaku tak hal itu tak akan mengurangi kekuatan tim secara keseluruhan. Sebab di pos bek kiri masih ada nama Kevin Gomes dan Aljufri Daud, atau bahkan Diego Michiels yang bisa digeser dari bek kanan ke kiri.

“Insya Allah tak ada masalah meski Rachman tak dibawa. Pemain lain sudah siap dimainkan di bek kiri untuk pertandingan melawan Persija,” pungkasnya. (SU)