Perkenalan pemain saat ini memang masih dilakukan tim pelatih, sembari meningkatkan kemampuan fisik Diego Michiels dkk. Den untuk lebih memantapkan apa yang sudah dijalankan, tim pelatih akan melihat semua hasil latihan dalam sepekan terakhir lewat uji coba. Sore ini di Stadion Segiri, rencananya Borneo FC Samarinda akan menjalani sesi uji coba menghadapi tim Pra PON Kaltim.

Menurut Ahmad Amiruddin, asisten pelatih Borneo FC Samarinda, jika salah satu tujuan uji coba ini adalah melihat kemampuan pemain secara individu, juga memantau seberapa jauh hasil latihan fisik yang diberikan selama ini.

Amir, sapaan akrab Ahmad Amiruddin, mengaku, kekuatan pemain Borneo FC Samarinda saat ini memang belum maksimal. Sebab selain baru saja menjalani latihan bersama, kekuatan fisik mereka juga tergerus imbas dari program peningkatan yang diberikan.

“Tapi kami mau lihat seberapa berkembangnya pemain sejak bergabung sampai seminggu ini. Terutama kondisi fisik yang selama ini kami mantapkan. Jadi kami bisa tau nanti apa yang harus dibenahi," ujar Amir.

Dikatakannya lagi, dari uji coba juga akan bisa dilihat kemampuan individu pemain. Secara kualitas, Borneo FC Samarinda jelas lebih unggul dibandingkan anak-anak muda PON. Namun dalam situasi seperti saat ini, kemampuan terbaik pemain Pesut Etam dipastikan tak terlihat secara maksimal.

"Kami akan coba seluruh pemain di uji coba dengan format pertandingan 30x3. Kami melihat saat ini tim PON Kaltim sangat bagus dan sangat siap diajak uji coba. Sebab mereka sudah lama berkumpul dan latihan,” terangnya lagi.

Amir kembali menegaskan, jajaran pelatih Borneo FC Samarinda sama sekali tak melihat hasil uji coba. Sebab tujuan utama uji coba ini sekadar melihat perkembangan tim.

“Menang 10-0 atau kalah dengan angka yang sama, kami pikir tak ada masalah. Yang penting adalah, bagaimana pemain memperlihatkan kemampuannya di lapangan selama uji coba berlangsung,” pungkasnya. (SU)