Perjalanan Borneo FC jelang akhir kompetisi bisa dikatakan cukup mengkhawatirkan. Sebab di saat suporter berharap tim terus melaju setelah sempat tak terkalahkan sampai 11 dan 9 pertandingan, kini langkah Pesut Etam mulai tertatih-tatih.

Dalam empat pertandingan terakhir, permainan yang kuat dalam menyerang dan bertahan, sama sekali tak terlihat. Dari empat laga, Borneo FC hanya meraih 2 poin. Yakni imbang lawan PSIS Semarang (2-2), kalah dari Barito Putera (0-1), diimbang Perseru Badak Lampung (1-1) dan dikalahkan Persija Jakarta (2-4).

Dan hasil tersebut juga memengaruhi posisi tim di klasemen sementara. Asisten pelatih Ahmad Amiruddin mengaku, di empat pertandingan tersebut para pemain sebenarnya sudah berusaha maksimal mendapatkan apa yang ditargetkan kepada mereka.

“Kalau dilihat dari hasil empat pertandingan terakhir, apa yang diperlihatkan anak-anak memang kurang. Tapi sekali lagi anak-anak sudah bekerja keras. Mereka juga lelah dengan padatnya jadwal pertandingan, walau itu bukan jadi alasan. Makanya evaluasi sudah ada dan tim pelatih menetapkan pemain akan menjalani TC di Batu," ujar Amir, sapaan akrabnya.

Diterangkannya, sebelum pemain menjalani latihan kembali di Batu, pelatih sudah memberikan libur cukup panjang. Namun Amir menegaskan, sebelum tim dibubarkan di Jakarta mereka sudah mendapat pesan agar tetap menjaga kondisi di kampung halamannya.

Hal tersebut disebut sangat penting, karena pelatih tak mau ada pemain yang mengalami masalah fisik saat latihan di Batu mulai dijalankan. “Coach Mario Gomez mengingatkan, selama liburan ini anak-anak harus jaga kondisi. Jangan sampai saat kembali malah kondisi pemain bermasalah. Sebab saat latihan di Batu, kami mau langsung fokus pada pertandingan menghadapi PSS Sleman,” terangnya.

Amir berharap saat datang ke Batu, pemain membawa semangat baru setelah hasil negatif di tiga pertandingan terakhir. "Ya, kami semua berharap waktu kembali berlatih kami sudah memiliki semangat baru dan mengejar posisi papan atas lagi. Hal itu sangat penting, mengingat ketatnya persaingan di papan atas," ujar Sultan Samma, gelandang Borneo FC saat dikonfirmasi terpisah. (SU)