Padatnya jadwal pertandingan di putaran kedua yang harus dijalani setiap tim Liga 1, membuat para pelatih harus pintar-pintar menyimpan tenaga pemainnya. Selain melakukan rotasi pemain, mengubah program latihan pun menjadi salah satu solusinya. Dan Mario Gomez pun mencari solusi lain agar tenaga pemainnya tak terkuras. Sebab semua tim saat ini harus bermain 4 hari sekali. Hal ini ditambah perjalanan yang cukup menguras tenaga.

Hari ini para pemain Borneo FC menjalani hal berbeda saat akan bermain di kandang lawan. Jika sebelumnya tim langsung menjalani latihan saat tiba di daerah lawan, kali ini Gomez memberikan waktu istirahat.

Asisten pelatih Charis Yulianto mengatakan, istirahat diberikan karena tenaga pemain sangat terkuras usai menang di kandang melawan Madura United. “Kita memang tidak ada latihan. Semua pemain diistirahatkan. Setiap pelatih memang punya karakter dan program berbeda menyikapi padatnya jadwal pertandingan ini. Dan Mario Gomez memilih mengistirahatkan pemain,” ujar Charis.

Disimpannya tenaga pemain ini, sebagai persiapan menghadapi laga berat menantang Bhayangkara FC besok sore di Stadion Patriot, Bekasi. Dikatakan Cahris, Bhayangkara FC saat ini sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai mengalahkan Barito Putera 4-1 di Martapura.

Hadinya beberapa pemain baru di tubuh The Guardians – julukan Bhayangkara FC – disebut Charis membuat permainan Hargianto dkk semakin meningkat. Bruno Matos adalah salah satu pemain yang harus diwaspadai. “Dia adalah pemain dengan kualitas bagus. Dia harus kita waspadai. Tapi saya pikir semua pemain lawan harus dikawal agar tak leluasa bermain di daerah kita,” ujarnya.

Bhayangkara FC sendiri kini ditangani pelatih anyar, yakni Paul Munster. Menghadapi Borneo FC, menjadi pertandingan ketiga Munster selama memegang Bhayangkara FC. Di dua pertandingan sebelumnya, Munster sukses membawa timnya menahan imbang Bali United dan menang atas Barito Putera.

“Pemain Bhayangkara FC bisa langsung nyetel dengan gaya pelatih barunya. Saya pikir ini harus kita waspadai. Sebab seolah tak ada masa transisi di pelatih baru tersebut,” sebutnya.
Namun Charis yakin Borneo FC bisa mengamankan angka di kandang lawan. Ia menyebut peluang menang pun sama besar. “Tinggal siapa yang bisa memanfatkan peluang dan menjaga konsentrasi selama 90 menit. Saya pikir kalau kita main seperti melawan Madura United, setidaknya kita bisa membawa satu poin dari Stadion Patriot,” pungkas Charis. (SU)