Borneo FC melakoni laga lanjutan Liga 1 2019 pada Senin (19/8) pukul 19.30 WITA di Stadion Segiri Samarinda. Dalam laga kali ini, Pesut Etam akan menjamu tim berjuluk Mutiara Hitam, yaitu Persipura Jayapura. Tentu kemenangan menjadi target tuan rumah yang dikepalai Mario Gomez itu. Meski diakuinya lawan kali ini akan cukup merepotkan mereka nantinya, karena di mata Gomez Persipura adalah tim kuat dan butuh kerja ekstra untuk membobol gawang mereka.

"Kami siap, karena kami bisa bermain di rumah lagi. Kami tahu Persipura juga tim yang kuat, tim yang cukup sulit. Jadi kami harus menyiapkan cara untuk menjaga tiga poin karena itu sangat penting," ungkapnya.

Sejauh ini, Borneo FC mengantongi 8 laga tanpa kalah secara berturut-turut. Gomez menegaskan timnya akan kerja keras untuk terus mempertahankan keunggulan tersebut. Karena bagi pelatih asal Argentina itu, setiap tim pasti ingin menang dan akan berusaha mati-matian di lapangan untuk mematahkan pencapaian mereka saat ini.

"Ada hal-hal bagus ketika kami bermain, tapi terkadang ada kesulitan juga. Hal yang bagus ketika kami bisa mendapat poin di 8 game terakhir, tetapi juga sangat sulit karena semua orang ingin menang melawan Borneo FC. Ini hal yang bagus dan penting bagi kami karena kami ingin terus melanjutkan hal positif ini ke depan," jelasnya.

Dalam beberapa laga terakhir, tim pelatih terus mengotak-atik komposisi pemain, menepatkan pemain yang berbeda dibeberapa posisi. Menurut Gomez hal itu dilakukan bukan dengan sengaja, melainkan untuk mengusi setiap lini. Karena tidak dipungkiri, dengan jadwal laga yang cukup padat, menjaga pemain agar tidak cedera dan menghindari kelelahan harus dilakukan agar timnya bisa terus tampil konsisten.

"Terkadang hal itu terjadi ketika pemain kami ada yang cidera ataupun mendapat kartu. Terkadang juga mereka sedang dalam kondisi kurang bagus karena kami bermain setiap 4-5 hari. Pemain ada yang kelelahan dan saya harus bisa mempertahankan semua kondisi pemain," katanya.

Sementara itu, dalam laga kandang nanti nampaknya tuan rumah cukup mengantisipasi salah seorang pemain lawan, yaitu Titus Bonai atau biasa disapa Tibo. Tibo sendiri merupakan pemain yang sempat memperkuat Borneo FC pada musim 2018 lalu.

Hal itupun juga diungkapkan bek Borneo FC, Abdul Rahman yang mengatakan Tibo adalah salah satu pemain yang berbahaya dan patut diwaspadai. Menurutnya Tibo memiliki beberapa kelebihan dan Rahman paham betul akan hal itu karena mengenal karakter bermain Tibo.

Namun begitu, Rahman menegaskan akan menjadi orang yang akan bekerja keras untuk menghentikan langkah lincah Tibo ataupun pemain lawan lainnya jika berusaha memasuki lini pertahanan Borneo FC.

"Kita tahu Tibo itu pemain yang bahaya ya. Pemain yang pintar dan dia sulit dibaca. Kadang dia bawa bola ke kiri, ke kanan dia banyak akal lah. Tapi siapapun yang berhadapan sama dia, saya rasa kita sudah siap dan sudah pelajari cara main dia entah dia main disebelah saya atau dikanan. Kami akan waspada. Tapi tidak hanya Tibo, semua pemain Persipura semua berbahaya dan patut diwaspadai, jangan sampai kita lengah," jelas Abdul Rahman. (AR)