Tim Borneo FC senior boleh saja kalah dari Perserui Serui akhir pekan lalu. Namun balas dendam langsung dilakukan anak-anak junior mereka yang bertanding di Liga 1 Elite Pro Academy U-16. Ya, berlaga di hari pertama di seri 4 yang berlangsung di Surabaya, tepatnya di Stadion Karanggayam, tim asuhan Victor Simon tersebut menekuk Perseru U-16 dengan skor 1-0. Gol tunggal Ahmad Surahman dimenit 28, menjadi pembeda perjuangan tim masa depan Borneo FC ini.

Di pertandingan ini, tim Borneo FC U-16 berjuang cukup keras untuk bisa mengalahkan lawannya. Jual beli serangan terjadi nyaris sepanjang laga. Namun satu peluang Ahmad Surahman, mampu dimanfaatkan dengan baik.

"Ucapan rasa syukur saya panjatkan pada Allah. Karena berkat-Nya kita bisa menang hari ini (kemarin, Red). Yang pasti tak lupa juga saya ucapkan terima kasih buat pemain saya yang sudah bekerja keras. Selamat atas kerja keras mereka,” kata Victor saat dikonfirmasi harian ini.

Dikatakan putra dari pelatih senior Kaltim, Eddy Simon Badawi ini, di babak pertama timnya bermain cepat dan agresif. Hal tersebut sesuai dengan apa yang ia instruksikan pada pemain. Di babak kedua tekanan lebih diturunkan, karena hasil kerja keras di babak pertama sudah membuahkan satu gol.

"Di babak kedua kami sedikit menurunkan tempo permainan. Saya pikir itu normal dilakukan, , karena kita sudah unggul di babak. Saya katakan pada pemain, agar tak banyak menekan karena lawan juga menurun permainannya di babak kedua,” ujarnya.

Alasan Victor ini bisa dilakukan pemain dengan baik. Mereka hanya mengatur tempo permainan, sehingga lawan pun kesulitan melakukan tekanan. Selain itu, jarak pertandingan yang tak terlalu jauh menjadi alasan lain. Artinya Victor ingin pemainnya menyimpan tenaga untuk laga berikutnya setelah unggul.

Meski demikian, ia tetap akan melakukan perbaikan pada timnya untuk pertandingan berikut. "Evaluasi selalu saya lakukan setelah pertandingan. Saya ingatkan pemain, agar mereka memperbaiki transisi positif ke negatif dan sebaliknya. Itu PR (pekerjaan rumah) saya sebagai pelatih di tim ini. Semoga saja di pertandingan berikutnya, tim ini bisa tampil lebih menjanjikan," harap Victor. (UPI/KOK)