Anak-anak Borneo FC U-19 kini meretas asa menapak ke babak semifinal Liga 1 U-19. Kuncinya adalah pertandingan sore ini di Stadion 17 Mei Banjarmasin. Ya, Borneo FC U-19 akan menantang tuan rumah Barito Putera U-19 di laga kedua Grup B. kemenangan akan memastikan satu tiket ke semifinal bagi kedua tim. Sebab di laga pembuka dua hari lalu, kedua tim ini sama-sama memetik kemenangan. Borneo FC U-19 mengandaskan perlawanan Persipura U-19 dengan skor 2-0, sementara 3-1 adalah hasil akhir saat Barito Putera U-19 mengalahkan Sriwijaya FC U-19.


“Ini akan menjadi pertandingan sangat ketat bagi kami dan Barito Putera. Bekal kemenangan di pertandingan pertama menjadi modal bagi kami. Yang jelas Barito Putera punya keuntungan karena bermain di depan di kandang sendiri dan akan mendapat dukungan besar dari suporternya,” terang Ponaryo Astaman, arsitek Borneo FC U-19.


Meski demikian Popon, sapaan akrabnya, tak mempedulikan urusan teknis di luar lapangan. Menurutnya, semua pemain yang mendapat kepercayaan harus bisa memperlihatkan kemampuan terbaik. “Kami ingin mendapat poin berapa pun itu. Artinya kalau kami tak bisa memenangkan pertandingan, paling tidak kami tidak kalah dulu,” papar Popon.


Mantan gelandang timnas Indonesia ini mengaku, secara kekuatan tim yang ada di Grup B sangat berimbang. Memang Persipura U-19 dan Sriwijaya FC U-19 mengalami kekalahan di laga perdana. Namun peluang mereka lolos ke semifinal belum sepenuhnya terututup. Itulah sebabnya ia meminta kepada pemainnya, agar tetap fokus dan konsentrasi. Terlebih di pertandingan sore ini melawan tuan rumah.


“Tapi kami sudah pasti melihat bagaimana kelebihan dan kekurangan tim lain. Dan apa yang kami lihat dari Barito Putera di pertandingan sebelumnya, setidaknya bisa kami jadikan acuan mengukur kekuatan mereka. Mudahan saja pemain bisa menjalankan apa yang akan kami berikan kepada mereka di pertandingan nanti,” sambungnya.


Begitu krusialnya pertandingan ini, Popon meminta pemainya untuk seminimal mungkin melakukan kesalahan. “Fokus, konsentrasi dan sudah pasti kerja keras harus dilakukan pemain sepanjang 90 menit,” tegasnya.


Sementara itu Nurdiansyah sebagai kapten tim mengaku akan memaksimalkan laga ini untuk memastikan tiket ke empat besar. Ia pun sudah meminta kepada semua rekan-rekannya untuk tampil lebih semangat. “Yang penting kami tidak nervous meskipun bermain di depan pendukungan lawan. Insya Allah kami akan mendapatkan angka di laga ini. Kami berharap dukungan serta doa masyakarat Samarinda,” ujarnya. (UPI)